BERITA TERKINI: Ahok Salah Samakan Surabaya dengan Jakarta Selatan

Penghasilan Fantastis Untuk Blogger

Propellerads

Friday, August 12, 2016

Ahok Salah Samakan Surabaya dengan Jakarta Selatan


(BERITA TERKINI) - Pernyataan calon petahana Pilkada DKI Jakarta 2017, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menyamakan Surabaya dengan Jakarta Selatan memancing amarah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Dari data statistik, Ahok salah menyamakan Kota Pahlawan dengan Jakarta Selatan.

Secara geografis, kedua kota tersebut berbeda. Artinya, kompleksitas, beban, dan pemecahan persoalan perkotaannya juga tidak sama . Oleh karenanya, salah besar jika Ahok ‘mengecilkan’ persoalan dan penanganan masalah perkotaan Surabaya, dan menyamakannya dengan Jakarta Selatan.

Parameter geografis terpenting adalah luas wilayah. Data resmi dari Badan Pusat Statistik (BPS) membuktikan bahwa Surabaya tidak bisa disamakan dengan Jakarta Selatan. BPS Surabaya menyebutkan, luas total wilayah Surabaya mencapai 326,81 kilometer persegi. 

Surabaya yang luasnya separoh DKI Jakarta itu hanya dipimpin seorang walikota. DKI Jakarta sendiri luasnya 661 kiloeter persegi. Sedangkan luas Jakarta Selatan, mengutip data resmi dari BPS Jakarta Selatan, hanya 145,73 kilometer persegi.

  
Surabaya memiliki 31 kecamatan, sementara Jakarta Selatan hanya 10 kecamatan. Dari 10 kecamatan itu, Jakarta Selatan hanya memiliki dua kecamatan yang luas wilayahnya di atas 20 kilometer persegi. Sedangkan Surabaya, dari 31 kecamatan, terdapat lima kecamatan yang luas wilayahnya di atas 20 kilometer persegi.

Masih soal luas wilayah per kecamatan. Data BPS Jakarta Selatan menyebutkan, dari 10 kecamatan, terdapat empat kecamatan di Jakarta Selatan yang memiliki luas wilayah antara 10-20 kilometer persegi. Sementara itu, data BPS Surabaya menyatakan, dari 31 kecamatan terdapat lima kecamatan yang luas wilayahnya antara 10-20 kilometer persegi.

  
Lalu berapa kecamatan di Jakarta Selatan yang luas wilayahnya di bawah 10 kilometer persegi? Masih mengutip data resmi dari BPS Jakarta Selatan, jumlah kecamatan di Jakarta Selatan yang memiliki luas wilayah di bawah 10 kilometer persegi sebanyak empat kecamatan. Sedangkan di Surabaya terdapat 21 kecamatan yang luas wilayahnya di bawah 10 kilometer persegi.

Merujuk kepada data-data tersebut, maka sekali lagi, salah besar jika Ahok menyamakan Surabaya dengan Jakarta Selatan.(TeropongSenayan)
(BERITA TERKINI)

No comments:

Post a Comment