BERITA TERKINI: [Kisruh Arcandra] Ini Komentar Orang Indonesia yang Sudah Jadi WN Amerika

Penghasilan Fantastis Untuk Blogger

Propellerads

Tuesday, August 16, 2016

[Kisruh Arcandra] Ini Komentar Orang Indonesia yang Sudah Jadi WN Amerika


(BERITA TERKINI) - Ini dari teman saya (orang Indonesia) yang sudah jadi Warga Negara Amerika:

Arcandra, hendaknya anda upfront dalam membuktikan WNI mu, jangan pakai argumen anda orang Padang, atau anda punya paspor Indonesia yang masih berlaku. Itu bukan argumen yang sah. Saya orang Jawa, muka saya muka Jawa, tapi saya warga negara USA.

Kalau setelah disumpah jadi US citizen ybs tidak memberitahu/mengembalikan paspor Indonesianya, pemerintah Indonesia tidak tahu, dan technically bisa saja paspor Indonesianya diperpanjang, walaupun illegal.

Alih-alih, tunjukkan dalam paspor Indonesia mu yang masih berlaku bahwa ada cap CBP (Imigrasi Amerika) ketika anda masuk USA setelah dari luar negeri, dengan tanggal setelah anda diisukan adalah US citizen.

Cap tersebut tidak mungkin ada kalau anda punya paspor USA, karena USA mewajibkan warga negaranya (walaupun punya dual citizenship) untuk menggunakan paspor USA ketika masuk USA. Argumen ini tidak bisa dibantah.
Atau tunjukkan green card asli mu yang masih berlaku. Anda takkan mungkin punya green card yang masih berlaku bila anda sudah disumpah menjadi US Citizen karena green card tersebut akan "disita" oleh USCIS sebelum ybs dilantik sebagai US Citizen. [FB Wawat Kurniawan]
(BERITA TERKINI)

No comments:

Post a Comment